Rabu, 13 November 2019





36. Sistem operai yang tepat untuk kebutuhan server dengan aktivitas konfigurasi secara jarak jauh (remote)
      adalah .........
a.       Symbian
b.      Android
c.       LOS
d.      Windows AX
e.       Ubuntu

Pembahasan :

Ubuntu terdiri dari banyak paket, kebanyakan berasal dari distribusi di bawah lisensi lisensi software bebas. Namun, beberapa software khususnya driver menggunakan Proprietary software. Lisensi yang pada umumnya adalah GNU General Public License (GNU GPL) dan GNU Lesser General Public License (GNU LGPL), dengan tegas menyatakan bahwa pengguna dengan bebas dapat menjalankan, menggandakan, mempelajarai, memodifikasi, dan mendistribusikan tanpa pembatasan apapun. Namun tetap ada software proprietary yang dapat berjalan di Ubuntu. Ubuntu berfokus pada ketersediaan kegunaan pada orang disfungsi, keamanan dan stabilitas.
Ubuntu juga berfokus pada internasionalosasi dan aksesibilitas untuk dapat menjangkau sebanyak-banyaknya orang. Dalam hal keamanan, perangkat sudo dapat meningkatkan privilage secara sementara untuk melakukan tugas administratif, sehingga akun root dapat terus terkunci, dan mencegah orang tidak terauthorisasi melakukan perubahan sistem atau membuka kelemahan keamanan.

Kelebihan Ubuntu
bebas virus ; untuk saat ini virus lebih senang menyerang OS dari MS yg ber ext .exe untuk ubuntu sudah beda jadi virus dari os tetangga tidak akan berjalan di os linux.
3D Interface : efeck 3D kita sering jumpai di OS tetannga seperti aero memerlukan spek komputer yg tinggi tetapi ubuntu dengan spek komputer yg tidak terlalu tinggi sudah bisa 3D
Kompatibilas : Ubuntu kompatibel dengan hampir semua perangkat keras terbaru, dari mulai usb modem, wifi dan perangkat lain just plug n play
Kemudahan Migrasi
free alias gratis : tinggal download dari situs ubuntu dapat download.
user friendly : untuk orang awam sekalipun bisa memakai ubuntu.

37. Komponen server yang ditunjukan pada nomor 2 adalah ..........
      a. Motherboard                d. Prosessor
      b. PSU                             e. Hardisk
      c. Memori

      Pembahasan :
Gambar motherboard





            
Gambar PSU




Gambar Memori



Gambar Processor




Gambar Hardisk




           
38. Spesifikasi server yang paling tepat adalah .......
      a. Prosessor SPARC, Memory ECC, Hardisk hot-swap
      b. Prosessor SPARC, Memory DDR, Hardisk hot-swap
      c. Prosessor XEON, Memory ECC, Hardisk SATA
      d. Prosessor XEON, Memory DDR, Hardisk hot-swap
      e. Prosessor Core i7, Memory ECC, Hardisk hot-swap
PEMBAHASAN
Keunggulan Prosesor Intel Core i7
  • Potensi Overclock: Pada Intel Core i7, terdapat prosesor dengan akhiran "K". Dimana artinya prosesor ini memiliki unlocked multiplier, memungkinkan potensi overclock jauh lebih maksimal. Berbeda dengan Intel Xeon, yang seluruh prosesor locked multiplier. Hanya bisa di-overclock melalui BCLK, sehingga hasilnya tidak maksimal.
  • Price to Perfomance: Kalau membandingkan harga antara Intel Core i7 dan Intel Xeon, perbedaannya sangat jauh sekali. Membuat perbandingan antara harga dan performa jauh lebih efisien Intel Core i7.
  • On-Board Graphic: Hampir semua prosesor Intel Core i7 semuanya dibekali dengan iGPU bernama Intel HD. Berbeda dengan Intel Xeon yang dimana tidak ada satupun prosesornya yang memiliki iGPU. Sehingga apabila kamu memakai Intel Xeon, maka kamu wajib memakai GPU tambahan.

Keunggulan Prosesor Intel Xeon
  • L3 Cache Besar: Salah satu keunggulan Intel Xeon yang paling terlihat jelas, yaitu perbedaan pada L3 cache. Dimana L3 cache ini adalah memori antara prosesor dan RAM. Sifatnya sama seperti RAM, hanya saja L3 cache memiliki kecepatan jauh lebih tinggi, hal ini membuat prosesor dapat merespon perintah rutin jauh lebih cepat.
  • Mendukung ECC RAM: ECC sendiri merupakan singkatan dari Error-correcting code memory. Yang artinya, RAM dipakai pada Intel Xeon memiliki kemampuan untuk mengkoreksi data rusak yang umum.
  • Quad Channel: Berbeda dengan Intel Core i7 yang umumnya hanya mendukung dual channel, pada Intel Xeon, RAM bisa bekerja jauh lebih cepat lagi, karena sudah memakai konfigurasi quad channel semua.
  • Core Lebih Banyak: Setiap prosesor Intel Xeon, umumnya memiliki jumlah core jauh lebih banyak daripada Intel Core i7. Dimana bahkan ada yang hingga memiliki 14 cores, sementara Intel Core i7 paling besar baru 10 cores.
  • Umur Lebih Panjang: Karena didesain untuk server, kualitas ketahanan prosesor Intel Xeon umumnya jauh lebih tahan banting daripada Intel Core i7.

Keunggulan Memori ECC

ECC
Teknologi Error-correcting code atau ECC Memory ini memang dikhususkan untuk server yang membutuhkan stabilitas yang tinggi. RAM ECC Momory juga memiliki sebuah register. Register berfungsi untuk meningkatkan performa RAM dalam menangani transfer data skala besar yang umum digunakan pada server.

Keunggulan Memori ECC
DDR4
DDR4 mempunyai banyak kelebihan dari versi sebelumnya salah satunya yakni kecepatan yang dihasilkan mencapai 2133 sampai 4266 MT/second transfer rate, hampir 4 kali lebih besar dan lebih cepat dari DDR 3 yang hanya berkisar 800 MT/second transfer rate.
Gamers sejati pastinya mengidamkan Memory yang seperti ini, bayangkan saja dengan chipset intel minimal intel g41 dan ram tipe DDR3 saja sudah terasa cepatnya, apalagi menggunakan DDR 4? wow kan!!!!

Keunggulan Hardisk SATA

Hardisk SATA
SATA juga dilengkapi dengan teknologi NCQ (Native Command Queuing) adaptasi dari TCQ (Tag Command Queuing) yang digunakan pada harddisk SCSI. Teknologi ini menjadikan kinerja SATA lebih efisien akibatnya kinerja mekanis juga lebih efisien dan menjaga umur harddisk menjadi lebih lama (awet) dan akses data jauh lebih cepat dibanding dengan PATA.


Keunggulan Hardisk hotswap

Hardisk hotswap
hotswap adalah untuk mempermudah dalam pergantian alur data atau untuk memperbaiki kesalahan aplikasi karena ada kecenderungan kelebihan beban kerja pada suatu alat penyimpanan, dan biasa dalam server berskala besar, dipergunakan pada Corporate level tinggi.


39. Setelah melakukan installasi sebuah layanan pada sistem operasi linuk muncul direktori sites-avaible,
      maka layanan yang telah diinstall adalah ......
a.    postfix
b.    dhcp
c.    bind
d.   apache
e.    proftpd
   
   Pembahasan :
-          Versi 1 :
1.      Install aplikasi pada Web Server yaitu : #apt-get install apache2 php5 links
2.      Masukkan CD Masternya lalu tekan Y dan enter.
3.      Setelah install, edit file index.html dengan mengetikkan perintah :
#nano /var/www/index.html
4.      Simpan hasil editannya. Dengan cara“#Ctrl + X” lalu Y
5.      Restart daemon apache2 dengan perintah :
#/etc/init.d/apache2 restart
6.      Lalu kita cek hasil konfigurasi Web Server yang telah kita install tadi dengan perintah :
#links nama domain
Misalnya domain kita yaitu sischa.net
7.      Jika berhasil maka akan muncul tampilan index.html yang telah kita edit sebelumnya.
– Versi 2 (digunakan untuk mengelompokkan file masing-masing):
1.      Kita masuk terlebih dahulu ke direktori etc dan apache2 untuk memudahkan dan mengurangi terjadinya kesalahan dalam pengetikan perintah. Caranya yaitu :
#cd /etc/apache2
lalu enter.
2.      Untuk mengetahui apa saja direktori yang ada di dalamnya kita ketikkan perintah : #ls lalu enter.
3.      Kita masuk ke sites-available/ dengan perintah :
#cd sites-available/
Lakukan seperti perintah nomer 2 setiap kali kita masuk ke direktori.



    40.   Perhatikan output pengujian server berikut !
         
            remote      retid    st    when   poll   reach   delay   ofset   litter
             ===========================================
            *LOCAL(0)   .COCL   11   16    64   1   0.000    0.000   0.008

Perintah pengujian yang tepat agar menghasilkan output seperti gambar diatas adalah....
a.    # nslookup 127.0.0.1
b.    # nslookup localhost
c.    # ntpq –p
d.   # ntpupdate-u localhost
e.    # telnet localhost

Pembahasan:
Dimana perintah #ntpq –p adalah perintah untuk mengatur NTP  singkatan dari Network Time Protocol, sebuah protocol untuk meng-sinkronkan sistem waktu (clock) pada komputer terhadap sumber yang akurat, melalui jaringan intranet atau internet. Sedangkan NTP Server sendiri adalah sebuah server yang mensinkron-kan waktunya terhadap sumber waktu akurat, dan mentransmisikan paket informasi waktu kepada komputer client yang meminta.
Berikut gambarnya :





0 komentar:

Blog Archive

Diberdayakan oleh Blogger.

Cara Konfigurasi Simple Queue dan Shared Up To

LAPORAN TUGAS MANAJEMENT BANDHWIDTH ADMINISTRASI INSFRASTRUKTUR JARINGAN  Judul Kegiatan : Melakukan Konfigurasi  Manajemen Bandwidt...

statistics

Cari Blog Ini

Comments

My Instagram

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Pages

Responsive Ads Here

HARGAI PENULIS DENGAN MENCANTUMKAN REFERENSI JIKA MENCOPY !!!

Popular Posts